Manfaat Buah Belimbing Pilihan Untuk Kesehatan Jantung

By | Desember 25, 2023

Manfaat buah belimbing selalu menjadi pilihan para penggemarnya karena dapat menyehat jantung saat mengkonsumsinya dengan rutin. Buah belimbing nama bahasa Inggrisnya adalah starfruit merupakan buah yang mempunyai rasa manis dan asam, bentuknya seperti pentagram yang sangat khas. Kulit luar buah belimbing dapat dimakan, daging bagian dalamnya memiliki rasa asam dan manis yang menggugah selera, sehingga buah belimbing sangat digemari diberbagai salad, makanan penutup atau dimakan langsung. Ternyata buah belimbing memiliki warna kuning atau hijau dengan ukuran lebih kecil rasa asam dan ukuran lebih besar berasa manis.

Manfaat Buah Belimbing

Terdapat Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh Saat Dikonsumsi

Dengan berbagai manfaat yang bisa penggemar nikmati dan rasakan untuk kesehatan tubuh. Berbagai kenikmatan rasa yang bisa diolah sesuai santapan sehat. Berikut ini beberapa manfaat buah belimbing dengan berbagai kandungan yang menguntungkan, antara lain :

1. Terdapat Nilai Gizi Buah Belimbing

Dengan kandungan nutrisi buah belimbing berukuran sedang dengan berat 91 gram, Serat 3 gram, Protein 1 gram, Vitamin C 52%. Dengan adanya Referensi Daily Intake RDI terdapat Vitamin B5 4%, Folat 3%, Tembaga 6%, Kalium 3%, Magnesium 2%, Sedangkan kandungan gizi diatas mungkin terkesan tidak terlalu tinggi, namun porsi ini hanya memiliki 28 kalori dan 6 gram karbohidrat.

2. Buah Belimbing Memiliki Senyawa Menyehatkan

Ternyata buah belimbing memiliki mengandung senyawa menyehatkan seperti quercetin, asam galat dan epikatekin yang menjadi andalan konsumen. Dengan adanya senyawa ini, sifat antioksidan yang kuat dan dapat menawarkan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. Senyawa yang terdapat pada buah belimbing terbukti dapat mampu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini juga sedang dipelajari kemampuannya dalam mencegah kanker hati. Selain itu, beberapa kesimpulan dari penelitian pada hewan menunjukkan bahwa gula dalam belimbing mungkin mempunyai efek mengurangi peradangan.

3. Dapat Menurunkan Berat Badan Secara Perlahan

Pastinya menjadi sumber serat yang baik, rendah kalori dan mengandung banyak nutrisi, buah belimbing merupakan buah yang cocok untuk orang yang sedang diet. Hal ini memberikan rasa kenyang untuk jangka waktu lama dan meningkatkan metabolisme sehingga membakar lebih banyak kalori. Dan juga bisa menjadi camilan malam yang enak untuk dimakan kapan pun ketika rasa lapar datang.

4. Meredakan Gejala Sembelit

Dianjurkan untuk mengonsumsi sekitar 30 gram serat per hari dan belimbing dapat membantu mencapai tujuan tersebut dengan mudah. Menjadi sumber serat makanan yang baik, belimbing bisa menjadi buah pilihan bagi penderita diabetes atau diabetes gestasional.

5. Meningkatkan Kekebalan Sistem Tubuh

Buah yang dapat dimakan adalah sumber Vitamin yang larut dalam air yaitu Vitamin C. Kehadiran vitamin C pada belimbing, membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Hal ini juga membantu dalam penyerapan nutrisi penting lainnya seperti zat besi. Kekurangan Vitamin C dapat menyebabkan penyakit kudis, penyembuhan jaringan lambat dan kelelahan. Mengkonsumsi belimbing ke dalam menu makanan sehari-hari dapat memastikan kadar asam askorbat selalu optimal.